MAKNA VISUAL IKON DALAM ANIMASI MOTION GRAPHIC PROGRAM PENDIKAR SDII AL ABIDIN SURAKARTA
Keywords:
ikon, pendidikan karakter, semiotika, BarthesAbstract
Animasi berkembang selain sebagai media hiburan saat ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Animasi sebagai media pembelajaran berperan untuk menarik perhatian siswa dalam memahami sebuah informasi. Informasi yang disampaikan salah satunya mengenai sebuah program di dalm sebuah sekolah, seperti program PENDIDIKAR SDII Al Abidin Surakarta yang bertujuan membentuk siswanya untuk memiliki karakter yang kuat. Penyampaian informasi melalui animasi dalam mendukukung program PENDIDIKAR SDII Al Abidin Surakarta menggunakan media ikon didalm penyampaiannnya. Ikon dapat merepresentasikan objek atau aktivitas tertentu yang meakili sebuah kata atau kalimat tertentu. Ikon yang digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi melalui bahasa visual. Pencarian makna visual ikon yang digunakan dalam animasi motion graphic diteliti dengan menggunakan semiotika Barthes.