Perancangan Video Promosi Kain Tenun Nusa Tenggara Timur Dan Sebagai Media Edukasi Terhadap Budaya Lokal

Authors

  • Fajar Suharyono belum bekerja, Indonesia
  • Evelyne Henny Lukitasari Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Ahmad Khoirul Anwar Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47942/ke.v14i2.1871

Keywords:

Kata kunci: Budaya Lokal, Kain Tenun, Generasi Muda, Motion Graphic

Abstract

Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat beragam dan unik. Kekayaan budaya Indonesia berasal dari berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia. Melihat kenyataan bahwa masyarakat Indonesia saat ini lebih memilih kebudayaan asing yang mereka anggap lebih menarik ataupun lebih unik dan praktis. Kain tenun adalah kain yang dibuat dengan teknik tenun, yaitu dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang. Kain tenun Nusa Tenggara Timur adalah kain yang dibuat dari proses menenun oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur. Penting bagi generasi muda untuk lebih memahami dan menghargai keberagaman budaya Indonesia, salah satunya melalui pengetahuan dan apresiasi terhadap budaya lokal salah satunya kain tenun Nusa Tenggara Timur yang memperkaya identitas dan sejarah bangsa. Seiring perkembangan zaman serta kehidupan yang semakin terkoneksi secara global dan dipengaruhi oleh arus modernisasi, warisan budaya seperti kain tenun Nusa Tenggara Timur ini mungkin kurang mendapatkan perhatian yang layak. Oleh karena itu, diperlukan perancangan video motion graphic sebagai media promosi UMKM kain tenun serta edukasi kepada generasi muda terhadap budaya lokal. Langkah ini diharapkan dapat memupuk rasa kebanggaan terhadap warisan budaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-26

Citation Check