PENERAPAN KONSEP DESAIN INTEROR RAMAH ANAK PADA PAUD MUTIARA BUNDA CONDONGCATUR YOGYAKARTA

Authors

  • Dina Kristiana Seftianingsih

Keywords:

Perilaku anak usia dini, pendidikan anak usia dini, desain ramah anak

Abstract

Penelitian mengangkat sebuah permasalahan respon desain Paud terhadap perilaku anak didik untuk merasakan suasana aman dan nyaman dalam menjalankan aktifitas belajar dan bermain. Bangunan yang akan menjadi bahan penelitian adalah sebuah bangunan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Mutiara Bunda Yogyakarta dengan pengguna utama, yaitu anak usia dini usia 1-5 tahun. Penelitian bertujuan untuk mengaplikasikan desain interior yang ramah terhadap anak pada PAUD,
dengan merespon aktifitas bermain dan belajar anak. Pengaplikasian desain ramah anak, sebelumnya sudah ditetapkan oleh UNESCO yang menyatakan bahwa lingkungan pembelajaran yang ramah berarti ramah kepada anak dan guru, artinya anak dan guru belajar bersama sebagai suatu komunitas belajar, menempatkan anak sebagai pusat pembelajaran, mendorong partisipasi aktif anak dalam belajar, dan guru memiliki niat untuk memberikan layanan pendidikan terbaik. Hal tersebut yang menjadikan
metode penelitian terapan dipilih untuk menerapkan standar desain interior ramah anak, pada sebuah desain interior PAUD ramah anak. Metode pengumpulan data dilakukan melalui studi lapangan, yang kemudian disimpulkan menjadi sebuah pedoman untuk analisis perancangan interior PAUD ramah anak. Dari analisis pendekatan konsep tersebut, didapat hasil penerapan desain ramah anak dengan merespon perilaku unik anak yang difokuskan pada penataan area interior PAUD ramah anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-10-11

Citation Check