PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN TERHADAP KETERAMPILAN INISIASI MENYUSU DINI PADA IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA TRIMESTER III DI KLINIK BERSALIN USODO KLEGEN KARANGANYAR

  • Ahmad Syamsul Bahri
  • Indriyati .

Abstract

Latar Belakang: Studi pendahuluan di Klinik Bersalin Usodo Klegen Karanganyar jumlah persalinan 68 partus, dimana dari 20 ibu post partum 9 orang langsung menyusui bayinya segera setelah bayi lahir, 6 orang menyusui bayinya 1 jam setelah lahir dan dibedong, 5 orang langsung diberikan susu formula. Hasil observasi terhadap 10 orang ibu yang sedang melakukan pemeriksaan ANC (Antenatal Care), didapatkan bahwa masih ada 4 orang (40%) belum mengetahui dengan baik tentang IMD. Pada saat petugas kesehatan mendemonstrasikan teknik IMD dengan baik dan belum dapat melaksanakan redemonstrasi IMD dengan baik. Hasil wawancara dari bidan yang bersangkutan data kunjungan ANC sebanyak 42 primigravida yang memasuki trimester III yang mengalami perasaan kawatir akan kondisi kehamilannya dan belum banyak yang mengetahui secara jelas teknik inisiasi menyusu dini (IMD).
Tujuan : Mengetahui pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap keterampilan inisiasi menyusu dini pada Ibu Hamil Primigravida Trimester III di Klinik Bersalin Usodo Klegen Karanganyar.
Metode: Penelitian ini termasuk dalam kategori jenis penelitian kuantitatif Quasy Experimental dan menggunakan rancangan desain penelitian posttest only with control group design. Populasi penelitian ini ibu hamil primigravida trimester III di Klinik Bersalin Klegen Karanganyar yang berjumlah 42 orang, sebagai sampel seluruh populasi yang dibagi menjadi dua kelompok (eksperimen dan kontrol) masingmasing 21 orang. Teknik analisis data dengan Independent simple t-test.
Hasil : (1) Mayoritas ibu hamil primigravida trimester III pada kelompok sebelum penyuluhan kesehatan mempunyai keterampilan IMD cukup yaitu sebanyak 14 orang (66,7%); (2) Mayoritas ibu hamil primigravida trimester III pada kelompok sesudah penyuluhan kesehatan mempunyai keterampilan IMD baik yaitu sebanyak 10 orang (47,6%); (3) Ada pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap keterampilan inisiasi menyusu dini pada ibu hamil primigravida trimester III (thit = 2,383 ; pvalue = 0,022).
Simpulan: Ada pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap keterampilan inisiasi menyusu dini pada ibu hamil primigravida trimester III di Klinik Bersalin Usodo Klegen Karanganyar.
Published
2019-11-12
How to Cite
BAHRI, Ahmad Syamsul; ., Indriyati. PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN TERHADAP KETERAMPILAN INISIASI MENYUSU DINI PADA IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA TRIMESTER III DI KLINIK BERSALIN USODO KLEGEN KARANGANYAR. JURNAL ILMU KEPERAWATAN INDONESIA (JIKI), [S.l.], v. 8, n. 2, nov. 2019. ISSN 1979-8261. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JIKI/article/view/422>. Date accessed: 07 apr. 2020.