HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KONSEP DIRI PADA PASIEN LANSIA DI RUANG MAWAR I RSUD KARANGANYAR

  • Ragil Tri Cahyo Saputro
  • Anik Suwarni
  • Lilis Murtutik

Abstract

Latar Belakang : Perkembangan usia harapan hidup penduduk Indonesia terus meningkat, dengan meningkatnya usia harapan hidup akan mengakibatkan jumlah penduduk lansia terus meningkat, hal ini akan berdampak pada berbagai aspek kehidupan ,baik sosial ekonomi maupun kesehatan. Disamping itu juga merupakan salah satu indikator keberhasilan dalam pembangunan dan juga sekaligus sebagai tantangan dalam pembangunan .Oleh karena itu permasalahan lanjut usia harus menjadi perhatian kita semua .Untuk menjaga agar lanjut usia bisa melewati masa tua dengan sukses , perlu adanya dukungan sosial dari semua pihak terutama keluarga.
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan dukungan sosial terhadap konsep diri pada lansia di Ruang Mawar I RSUD Karanganyar.
Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan crost sectional. Populasi penelitian adalah lansia yang ada di Ruang Mawar I RSUD Karanganyar. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik purposif sampling. Data diolah dengan menggunakan analisis uji rank spearman.
Hasil : Dukungan sosial yang diterima lansia ada di Ruang Mawar I RSUD Karanganyar termasuk dalam kategori sedang, lansia sebagian besar memiliki konsep diri dalam kategori sedang, dan hasil korelasi Rank Spearman diperoleh rhit = 0,571 dan nilai probabilitas = 0,000, hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan konsep diri pada pasien Lansia.
Simpulan: Tterdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan konsep diri pada Lansia di ada di Ruang Mawar I RSUD Karanganyar.
Published
2019-11-12
How to Cite
SAPUTRO, Ragil Tri Cahyo; SUWARNI, Anik; MURTUTIK, Lilis. HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KONSEP DIRI PADA PASIEN LANSIA DI RUANG MAWAR I RSUD KARANGANYAR. JURNAL ILMU KEPERAWATAN INDONESIA (JIKI), [S.l.], v. 8, n. 2, nov. 2019. ISSN 1979-8261. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JIKI/article/view/428>. Date accessed: 07 apr. 2020.