HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG BASIC LIFE SUPPORT (BLS) DENGAN PERILAKU PERAWAT DALAM PELAKSANAAN PRIMARY SURVEY DI IGD RSUD KABUPATEN KARANGANYAR

  • Maryati .
  • SINTA Rositasari
  • Anik Suwarni

Abstract

Perawat gawat darurat harus menghubungkan pengetahuan dan keterampilan untuk menangani respon pasien pada resusitasi, syok, trauma, dan kegawatan yang mengancam jiwa. Primary Survey bertujuan untuk mengatur pendekatan ke klien sehingga klien segera dapat diidentifikasi dan tertanggulangi dengan efektif.. Tujuan dari riset ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan perawat tentang Basic Life Support (BLS) dengan perilaku perawat dalam pelaksanaan Primary Survey DI IGD RSUD Kabupaten Karanganyar. Desain penelitian yang digunakan Penelitian ini adalah penelitian dengan metode Deskriptif Korelational, dengan pendekatan studi potong lintang (Cross Sectional). Populasi penelitian ini adalah seluruh perawata IGD RSUD Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 20 orang.Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling atau pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi.Teknik analisis data meliputi : Chi Square (X2). Uji pengaruh hubungan tingkat pengetahuan perawat tentang Basic Life Support (BLS) dengan perilaku perawat dalam pelaksanaan Primary Survey diperoleh nilai signifikansi = 0,003, maka keputusan yang diambil adalah Ho ditolak, dan Ha diterima artinya ada hubungan yang kuat antara kedua variabel.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Maryati .

Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surakarta

SINTA Rositasari

Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surkarta

Published
2020-08-10
How to Cite
., Maryati; ROSITASARI, SINTA; SUWARNI, Anik. HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG BASIC LIFE SUPPORT (BLS) DENGAN PERILAKU PERAWAT DALAM PELAKSANAAN PRIMARY SURVEY DI IGD RSUD KABUPATEN KARANGANYAR. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 13, n. 1, p. 76-86, aug. 2020. ISSN 2657-0076. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JIKI/article/view/530>. Date accessed: 28 oct. 2020.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>