PERANCANGAN BATIK SUKOWATI DENGAN SUMBER IDE FOSIL GADING GAJAH SANGIRAN

Authors

  • Yuyun Norkholifah Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Pengembangan, Batik Sukowati Sragen, fosil Purba, museum purbakala Sragen

Abstract

Proyek penciptaan desain motif ini dilatarbelakangi oleh peluang untuk membuat produk baru yang berfokus pada pengolahan visual (motif). Ide visual yang ditawarkan adalah potensi pariwisata museum purbakala Kabupaten Sragen yaitu fosil gading Gajah yang telah ditemukan serta menjadi ikon dikabupaten Sragen yang memiliki keunikan sendiri. Pengembangan desain ini bertujuan untuk mengembangkan desain Batik Sukowati Sragen yang berfokus pada pengolahan visual (motif) fosil yang ditemukan diwilayah museum Sangiran khususnya fosil Gading Gajah Sangiran. Metode yang dipakai dalam pengembangan desain batik ini adalah metode desain berbasis riset. Metode desain yang dipakai melewati tiga proses pokok yakni metode perancangan, konsep perancangan, dan visualisasi. Metode perancangan melewati tahapan, yaitu analisis permasalahan yang ada di kabupaten Sragen, strategi pemecahan masalah, pengumpulan data tentang kekhasan daerah Sragen, uji coba teknik dan visual, serta bagan alur perancangan. Konsep perancangan meliputi landasan pemikiran untuk perancangan desain. Visualisasi yakni tahap memvisualkan 8 desain sesuai dengan konsep rencana perancangan yang sudah ditulis dalam proses perancangan. Hasil dari perancangan desain sebagai berikut: (1) unsur-unsur visual dari hasil gajah purba yang diolah dengan penggayaan deformasi, stilasi dan dekoratif yang sederhana dengan mempertimbangkan unsur estetis agar tetap mempertahankan karakter gajah purba. (2) Pembuatan batik tulis dengan motif hasil fosil fosil purba sangiran ini diaplikasian kedalam kain batik.

References

Affanti, Tiwi, Nurcahyani, Desy. (2017). Batik Girli. Universitas Sebelas Maret UNS Press
Barnard, Malcolm. (1996). Fashion Sebagai Komunikasi: Cara Mengkomunikasikan Identitas Sosial, Seksual, dan Gender. Terjemahan oleh Idi Subandy.Bandung: Jalasutra
Colbert, David. (2006). Dunia ajaib Harry Potter: mitos-mitos, legenda-legenda, dan fakta-fakta menakjubkan di balik karya masterpiece ini. Terjemahan oleh Poppy amayanti. Jakarta:Gramedia
Evans, Jelany (2015). It's More ThanJust Buying Sneakers: Insight Into The Culture Of Sneakerheads. Scottsdale: The Book Patch
Featherstone, Mike. (2008). Posmodernisme dan budaya konsumen. Terjemahan oleh Misbah Zulfa Elizabeth. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Hamilton, Edith. (2009). Mitologi Yunani. Terjemahan oleh A. Rachmatullah Jakarta : Logung Pustaka Jusuf, Herman. dkk. (2010). Kamus Mode Indonesia. Jakarta : Gramedia
Musman, Asti dan Ambar. B. Arini. (2011). Batik: Warisan Adi Luhung Nusantara. Yogyakarta. G-Media
Rizali, Nanang. (2006). Tinjauan Desain Tekstil. Surakarta : UNS Press ____________. (2006). Metode Perancangan Tekstil. Surakarta : UNS Pres

Downloads

Published

2021-05-17

Citation Check