DESAIN KEMASAN “NYAMIL” KLATEN
Abstract
Desain kemasan Nyamil. Nyamil merupakan usaha yang bergerak di bidang food and baverage. Khususnya menawarkan makanan ringan yang berbahan dasar makaroni yang di olah dengan cara digoreng dan beraneka rasa dengan kualitas premium. Namun, dalam tahap ini masih banyak kendala yang di hadapi oleh Nyamil, yang pertama yaitu kemasan yang kurang menarik yang masih kurang identitas atau diferensiasinya dan Yang kedua, Logo yang kurang menarik tanpa adanya sebuah identitas yang khas. Berdasarkan hal teersebut, maka perlu metode perancangan yang dilakukan adalah pembuatan desain kemasan dan logo baru untuk menyelesaikan permasalahan perusahaan. Awalnya perancang akan menganalisa dari segala aspek desain kemasan dan teori faktor-faktor kemasan sebagai landasan teorinya. Perancangan ini menggunakkan informasi dari perusahaan sejenis ( competitor ), serta informasi dari internal perusahaan dan costumer Nyamil. Hasil peranangan ini adalah sebuah desain kemasan yang sudah teruji dengan teori faktor – faktor desain kemasan.
Kata Kunci : desain, perancangan kemasan, kemasan, makanan ringan.