Perancangan Corporate Identity PT. Dolan Kreasi Indonesia
Keywords:
Startup, teknologi, corporate identity, eksistensi, estetika, efektif, kreatif, komunikatifAbstract
Dewasa ini perkembangan dunia startup di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup tinggi seiring dengan berkembangnya teknologi. Salah satu startup yang ada di Indonesia, tepatnya di Kota Solo adalah Dolan Indonesia yang berada dibawah naungan PT. Dolan Kreasi Indonesia. Diperlukan adanya perancangan corporate identity PT. Dolan Kreasi Indonesia dikarenakan belum adanya corporate identity yang mewakili perusahaan sebagai startup baru yang memerlukan identitas sesuai dengan visi misi perusahaan ditengah maraknya persaingan dunia startup untuk menjaga eksistensi perusahaan. Konsep disusun berdasarkan studi kelayakan terhadap estetika, efektif, kreatif dan komunikatif sesuai dengan target audience perusahaan yang menghasilkan konsep visual modern tradisional.
References
Bungin, Burhan. Perancangan Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Putra Grafika, 2007.
Cenadi, Christine Suharto. Corporate Identity, Sejarah dan Aplikasinya. Jakarta: Universitas Kristen Petra, 1999.
Harto, Puji. “Kebijakan Diversfikasi Perusahaan dan Penruhnya terhadap Kinerja: Studi Empiris pada Perusahaan Publik di Indonesia.†SNA 8, 2005: 1-20.
Kusrianto, Adi. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset, 2007.
Rustan, Surianto. Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2013.
Safanayong, Yongky. Desain Komunikasi Visual Terpadu. Jakarta: Arte Intermedia , 2006.
Sutopo, H.B. Metodologi Perancangan Kualitatif: Dasar Teori dan Penerapannya dalam Perancangan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press, 2006.
Tjiptono, Fandi. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.
Toekio, Soegeng. Prinsip Desain. Surakarta: Dharmareka-I, 2016.
Windarto, Denny Eka. Perancangan Re-Branding CV. Gastard Indonesia. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.