HUBUNGAN KADAR ALBUMIN DENGAN PENYEMBUHAN LUKA PADA PASIEN POST OPERASI LAPARATOMY DI RUANG MAWAR RUMAH SAKIT SLAMET RIYADI SURAKARTA

  • Marjiyanto .
  • Lilis Murtutik
  • Anik Suwarni

Abstract

Latar Belakang: Studi pendahuluan di RST Slamet Riyadi Surakarta diketahui data pasien post operasi laparatomy pada bulan Januari 2013 di ruang Mawar RS Slamet Riyadi ada 160 pasien, yang dilakukan operasi laparatomi ada 31 pasien (19,38%). Dijumpa juga pasien post operasi laparatomy eksplorasi di ruang Mawar RS Slamet Riyadi Surakarta sebagian besar mengalami nyeri yang tinggi setelah tindakan operasi, dan diantaranya
menjalani perawatan lebih dari 7 hari hal ini terjadi karena belum menyatunya jaringan kulit sehingga diperlukan perawatan lebih lama.
Tujuan : Mengetahui hubungan Kadar Albumin dengan penyembuhan luka pada pasien post operasi laparatomy di Ruang Mawar Rumah Sakit Slamet Riyadi Surakarta.
Metode : Penelitian ini bersifat deskriptif observasional dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua pasien post operasi laparatomy di Ruang Mawar RST Slamet Riyadi Surakarta yang berjumlah 31 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pasien post operasi laparatomy dengan teknik total sampling. Teknik analisis yang digunakan dengan analisis Chi-Square. Hasil: (1) Kadar albumin pasien yang mempunyai kadar albumin normal (antara 3,5 – 5,2 g/dl ada 12 orang (37,5%) dan tidak normal (< 3,5 g/dl yaitu ada 20 orang (62,5%); (2)
Tingkat penyembuhan luka diketahui yang termasuk belum sembuh ada 6 orang (18,8%) dan yang sudah sembuh ada 26 orang (81,3%); (3) Ada hubungan yang signifikan antara kadar albumin dengan penyembuhan luka pada pasien post operasi laparatomy di ruang Mawar RS Slamet Riyadi Surakarta ( 2hit = 5,492 ; p = 0,013).
Simpulan: Ada hubungan yang signifikan antara kadar albumin dengan penyembuhan luka pada pasien post operasi laparatomy di ruang Mawar Rumah Sakit Slamet Riyadi Surakarta.
Published
2019-09-14
How to Cite
., Marjiyanto; MURTUTIK, Lilis; SUWARNI, Anik. HUBUNGAN KADAR ALBUMIN DENGAN PENYEMBUHAN LUKA PADA PASIEN POST OPERASI LAPARATOMY DI RUANG MAWAR RUMAH SAKIT SLAMET RIYADI SURAKARTA. JURNAL ILMU KEPERAWATAN INDONESIA (JIKI), [S.l.], v. 1, n. 1, sep. 2019. ISSN 1979-8261. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JIKI/article/view/362>. Date accessed: 21 nov. 2019.