PENGARUH ANTARA SIKAP DAN PERILAKU ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK AL HIKMAH KECAMATAN WURYANTORO WONOGIRI

Sikap

  • Anik Suwarni
  • Lilis Murtutik

Abstract

Latar Belakang: Studi pendahuluan bulan Maret 2014 di TK Al Hikmah Wuryantoro didapatkan bahwa dari 8 ibu yang mempunyai anak usia prasekolah dilakukan wawancara dan didapatkan 4 orang (50%) ibu memiliki sikap yang baik dan ada 3 orang (38%) ibu memiliki sikap yang cukup baik dan 1 orang (20,2%) ibu yang memiliki sikap tidak baik. Saat dilakukan test perkembangan motorik secara acak terhadap 10 anak didapatkan ada 5 orang anak usia pra sekolah (50%) yang sudah mengalami kemajuan perkembangan motorik halus dan kasarnya. 3 orang anak (30%) tidak bisa memilih garis yang lebih panjang. 2 orang anak (20%) tidak bisa mencontoh membuat segi empat.
Tujuan : Mengetahui pengaruh antara sikap dan perilaku orang tua terhadap perkembangan motorik anak usia pra sekolah di TK Al Hikmah Kecamatan Wuryantoro Wonogiri.
Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua anak di TK. Al Hikmah Kecamatan Wuryantoro Wonogiri yang berjumlah 60 orang dengan teknik total sampling. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis regresi berganda, uji t dan uji F.
Hasil : (1) Mayoritas sikap orang tua dalam perkembangan motorik anak usia pra sekolah tergolong baik (93,33%); (2) Mayoritas perilaku orang tua dalam perkembangan motorik anak usia pra sekolah tergolong kurang baik (53,33%); (3) Mayoritas perkembangan motorik anak usia pra sekolah di TK Al Hikmah Kecamatan Wuryantoro Wonogiri tergolong normal (86,67%); (4) Ada pengaruh signifikan antara sikap orang tua terhadap perkembangan motorik anak usia pra sekolah (thit = 9,213; p = 0,000); (5) Ada pengaruh signifikan antara perilaku orang tua terhadap perkembangan motorik anak usia pra sekolah (thit = 2,080; p = 0,036); dan (6) Terdapat pengaruh signifikan antara sikap dan perilaku orang tua terhadap perkembangan motorik anak usia pra sekolah di TK Al Hikmah Kecamatan Wuryantoro Wonogiri (Fhit = 53,144; p = 0,000).
Simpulan: Terdapat pengaruh signifikan antara sikap dan perilaku orang tua terhadap perkembangan motorik anak usia pra sekolah di TK Al Hikmah Kecamatan Wuryantoro Wonogiri.
Published
2019-11-12
How to Cite
SUWARNI, Anik; MURTUTIK, Lilis. PENGARUH ANTARA SIKAP DAN PERILAKU ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK AL HIKMAH KECAMATAN WURYANTORO WONOGIRI. JURNAL ILMU KEPERAWATAN INDONESIA (JIKI), [S.l.], v. 8, n. 2, nov. 2019. ISSN 1979-8261. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JIKI/article/view/424>. Date accessed: 07 apr. 2020.