Pengaruh Transparansi, Kualitas Layanan dan Citra Lembaga Terhadap Keputusan Masyarakat Melakukan Zakat diLazis Jateng Cabang Solo

The Influence of Transparency, Service Quality, and Institutional Image on People's Decisions to Pay Zakat at Lazis Jateng Solo Branch

Penulis

  • agung_sedayu hadi_purnomo UniversitasSahidSurakarta, Indonesia
  • Bekti Nugrahadi Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Yunita Primasanti Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Transparansi; Kualitas Layanan; Citra Lembaga; Zakat; Lazis Jateng

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran zakat sebagai instrumen ekonomi Islam dalam mendistribusikan kekayaan dan mengurangi kemiskinan. Namun, munculnya berbagai tantangan dalam sistem layanan lembaga zakat, seperti penurunan jumlah penghimpunan zakat dan menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan dana, menjadi permasalahan krusial yang perlu dianalisis. LAZIS Jateng Cabang Solo menjadi objek kajian karena mengalami penurunan penghimpunan zakat dalam dua tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh transparansi, kualitas layanan, dan citra lembaga terhadap keputusan masyarakat dalam menyalurkan zakat, dengan fokus pada persepsi dan pengalaman muzakki sebagai pengguna layanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif analitik yang dikombinasikan dengan metode kuantitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan mencakup uji validitas, reliabilitas, regresi linear berganda, serta uji asumsi klasik menggunakan perangkat lunak SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, transparansi, kualitas layanan, dan citra lembaga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat dalam menyalurkan zakat. Faktor transparansi memiliki pengaruh paling dominan dibandingkan variabel lainnya. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan komunikasi publik, peningkatan kualitas pelayanan, serta pembangunan citra positif sebagai strategi utama dalam meningkatkan kepercayaan dan loyalitas muzakki terhadap LAZIS Jateng Cabang Solo.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amirudin, C. (2023). ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL, REPUTASI DAN TRANSPARANSI TERHADAP KEPUTUSAN MUZZAKI MEMBAYAR ZAKAT DENGAN PENGETAHUAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi kasus di Baitul Mal BMT Mitra Usaha Mandiri Wonogiri).

Amirudin, C. (2023). ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL, REPUTASI DAN TRANSPARANSI TERHADAP KEPUTUSAN MUZZAKI MEMBAYAR ZAKAT DENGAN PENGETAHUAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi kasus di Baitul Mal BMT Mitra Usaha Mandiri Wonogiri).

Armanda Chiesa. (2023). Pengaruh Transparansi, Kualitas Layanan Dan Citra Lembaga Terhadap Keputusan Mahasiswa Manajemen Dakwah UIN Jakarta Dalam Memilih Tempat Menunaikan Infak Dan Sedekah. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/73075

Atwal Arifin. (2021). Pengaruh Pengetahuan Zakat, Tingkat Pendapatan Dan Kredibilitas Organisasi Pengelola Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Atau Badan Amil Zakat (BAZ) (Studi Kasus Pada Muzakki Di Kecamatan Laweyan Surakarta) - UMS ETD-db. https://eprints.ums.ac.id/29096/

Djaali, Prof. Dr. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. In B. S. Fatmawati (Ed.), CV, Bumi Aksara. CV. BUMI AKSARA.

Hendryadi, S. (2016). Metodo Riset Kuantitatif. 2–4.

Muhamad Saidun. (2023). Strategi Public Relations Lembaga Amil Zakat Al Ihsan Jawa Tengah (Lazis Jateng) Dalam Meningkatkan Brand Awareness. 2023. //fud2.uinsaid.ac.id/akasia/index.php?p=show_detail&id=11889&keywords=

Pitria, R. K. (2024). Pengaruh Pemberitaan kasus Lembaga filantropi ACT,transparansi,dan Fraud terhadap kepercayaan masyarakat dalam membayar ZIS di institusi LAZ (Pada masyarakat Kota Bogor). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/80832

Shoma Al Ghifari. (2024). ANALISIS PENGARUH KEMUDAHAN AKSES, KUALITAS LAYANAN, RELIGIUSITAS DAN PENGETAHUAN ZAKAT TERHADAP MINAT GENERASI MILENIAL DALAM MEMBAYAR ZAKAT DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA CILEGON. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/77405

Sunaryono, Taryati, & Ema Trisnawati. (2022). Buku Ajar Metodologi Penelitian 1 - Google Books. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Ajar_Metodologi_Penelitian_1/dMwNEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Vivin, S. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat membayar zakat di Rumah Zakat cabang Semarang - Walisongo Repository. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2017/

Diterbitkan

2025-10-08

Citation Check