Pengaruh Strategi Pembelajaran Mind Mapping terhadap Tingkat Kreativitas Mahasiswa Program Studi Ilmu keperawatan Universitas Sahid Surakarta
Keywords:
strategi belajar, mind mapping, tingkat kreativitas, keperawatanAbstract
Pengajar perlu memiliki ketrampilaan dalam memilih strategi pembelajaran yang tepat ketika menyampaikan suatu materi kepada siswa agar lebih menarik, tidak mengalami kebosanan dan dapat menerima materi dengan mudah, yang tentu akan menunjang hasil prestasi belajarnya. Strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa, daya ingat, tingkat pemahaman siswa dan kreativitas diantaranya ialah mind map.
Mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran mind mapping terhadap Tingkat Kreativitas Mahasiswa Program Studi Ilmu keperawatan Universitas Sahid Surakarta.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy eksperimental dengan menggunakan rancangan pra-pasca test dalam satu kelompok atau One Group pretestposttest Design without Control. Kelompok subyek diukur tingkat kreativitasnya sebelum dilakukan intervensi mind mapping, kemudian diukur lagi setelah diberikan intervensi mind mapping. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 41 mahasiswa PSIK Universitas Sahid Surakarta. Analisa data dengan uji t-test.
Berdasarkan analisis paired sample t-test diketahui terdapat perbedaan yang signifikan hasil rerata kreativitas mahasiswa keperawatan sebelum dan sesudah intervensi
dengan nilai selisih 4,122, dimana kreativitas mahasiswa keperawatan setelah intervensi lebih besar dibandingkan dengan nilai kreativitas mahasiswa sebelum intervensi.
Didapatkan pvalue 0,00 < 0,05.
Terdapat perbedaan yang signifikan kreativitas responden sebelum dan sesudah dilakukannya intervensi. Sehingga hipotesis diterima yaitu dapat disimpulkan
ada pengaruh pengaruh mind mapping terhadap kreativitas mahasiswa keperawatan Universitas Sahid Surakarta.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2019-07-16
Issue
Section
Articles