STRATEGI MEDIA RELATIONS HUMAS PEMERINTAH KOTA SURAKARTA DALAM PUBLISITAS KEBIJAKAN PIMPINAN
Keywords:
Strategi, Humas, Media Rleations, Publisitas, Kebijakan PimpinanAbstract
Tujuan atas terlaksanakannya penelitian ini ialah dalam rangka mencari tahu strategi media relations Humas Pemerintah Kota Surakarta terkait penerbitan kebijakan pimpinan dan mendapatkan gambaran terkait strategi media relations dalam konteks humas pemerintahan. Jenis penelitian yang peneliti gunakan ialah kualitatif. Data yang disajikan saat meneliti yakni melalui wawancara (interview) serta observasi. Metode dalam mengambil sampelnya ialah purposive sampling. Teknik pemeriksaan keabsahan yang digunakan triangulasi sumber data. Saat meneliti, peneliti memanfaatkan teknik analisis serta interaktif yaitu data display (menyajikan data), data reduction (mereduksi data), conclusion drawing (menyimpulkan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Humas Pemerintah Kota Surakarta telah melaksanakan atau menerapkan strategi media relations menurut teori Yosal Iriantara ada 3 strategi media relations yang diterapkan yakni pengelolaan relasi dengan media, mel’akukan pengembangan strategi serta pengembangan media dengan jaringannya dan 2) bisa diamati berdasarkan analisis dan pembahasan dengan didasarkan pada perolehan data, Humas Pemerintah Kota Surakarta sudah menerapkan atau melaksanakan strategi media relations seoptimal mungkin.
Downloads
References
Ardianto, E. &. (2010). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Rosdakarya.
Ardianto, E. (2014). "Handbook of Public Relations Pengantar Komprehensif". Bandung: PT. Refika Aditama.
Iriantara, Y. (2008). Media Relations, Konsep Pendekatan & Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Jefkins, F. (2004). Public Relations (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga.
Kriyantoro, R. (2008). Public Relations Writing (Tekning Produksi Media Public Relations da Publisita Korporate). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Lesly, P. (1991). Lesly's Handbook of PR and Communications. Chicago, Illinois: Probus Publishing Company.
Mc.Luhan, M. (1994). Understanding Media: The Extension of Man. London: The MIT Press.
Nillasari, B. W. (2012). Buku Humas Pemerintah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nova, F. (2009). Crisis Public Relations (Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan). Jakarta: Grasindo.
Ruslan, R. (1997). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ruslan, R. (2003). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ruslan, R. (2017). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi : Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Supratowo. (2018). Goverment Public Relations Perkembangan & Praktik di Indonesia. Jakarta: Prenada Media Group.
Suryosubroto, B. (1988). Humas Dalam Dunia Pendidikan . Yogyakarta: Mitra Gama Widya.
Tsamara, A. N., & Nugraha, J. (2021). Penerapan Service Excellence Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Humas Pemerintah Kota Surabaya (Studi Pada Koridor Co-Working Space). Jurnal KOMUNITAS, 9(1), 224-235.
Vivian, J. (2008). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Kencana.
Wardhani, D. (2008). Media Relations Sarana membangun Reputasi Organisasi. Jakarta: Graha Ilmu.
White, T. S. (2004). Public Relations and Journalism Educators' Perceptions of Media Relations.
Widjaja, H. (2002). Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.