STRATEGI HUMAS RSUD Dr. MOEWARDI DALAM PEMANFAATAN YOUTUBE DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Merry Greaceyana Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Strategi, Humas, YouTube, Covid-19

Abstract

Di masa pandemi Covid-19 selain melakukan fungsi pengobatan, rumah sakit juga melakukan fungsi pencegahan, promosi dan rehabilitasi. Dalam kondisi seperti ini peran Hubungan Masyarakat (Humas) sangat dibutuhkan untuk memberi informasi kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19. Salah satu media yang saat ini dianggap efektif dalam penyampaian informasi dan banyak diakses masyarakat adalah media sosial YouTube. Peneliti memilih RSUD Dr. Moewardi karena rumah sakit kelas A Pendidikan yang menjadi pusat rujukan untuk penanganan Covid-19 dan memiliki subscriber terbanyak di antara rumah sakit di Solo dan sekitarnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori “Nine Steps of Strategic Public Relations” oleh Ronald D.Smith. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualtitatif dan teknik purposive sampling untuk penentuan narasumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data dilakukan pengamatan secara terus menerus dan trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian ini, strategi Humas RSUD Dr. Moewardi dalam pemanfaatan YouTube di masa pandemi Covid-19 dinilai sesuai dengan teori “Nine Steps of Strategic Public Relations”oleh Ronald D.Smith yaitu analisa situasi, analisa organisasi, analisis publik, menetapkan sasaran dan tujuan, aksi merumuskan sasaran dan strategi respon, merancang komunikasi efektif, memilih taktik komunikasi, implementasi perencanaan strategi, dan evaluasi perencanaan strategi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cangara, H. (2013). Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta: PT.Raja Grafindo.

Kurniasih, N. S. (2013, September 26). Penggunaan Media Sosial Bagi Humas di Lembaga Pemerintahan. Retrieved from researchgate.net: https://www.researchgate.net/profile/Nuning-Kurniasih/publication/308513901_Penggunaan_Media_Sosial_bagi_Humas_di_Lembaga_Pemerintah/links/57e5316c08ae978dd24d0b2e/Penggunaan-Media-Sosial-bagi-Humas-di-Lembaga-Pemerintah.pdf

Rakhmat, J. (2012). Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ruslan, R. (2017). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Depok: Rajawali Pers.

Sugiyono, P. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bndung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-11-30

Citation Check