MODEL KOMUNIKASI HUMAS PEMKAB KARANGANYAR DALAM MEMBENTUK CITRA MELALUI KEGIATAN HARI JADI KE-104

Authors

  • afishena alisca Mahasiswa, Indonesia

Keywords:

Karanganyar, Citra, Hari Jadi, Model, Komunikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model komunikasi Humas Pemerintah Kabupaten Karanganyar dalam membentuk citra melalui kegiatan peringatan hari jadi Karanganyar ke-104 pada masa pandemi covid-19.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini, yaitu data primer yang diperoleh dari observasi langsung melalui akun instagram @kabupatenkaranganyar dan wawancara mendalam dengan pegawai humas Diskominfo Kabupaten Karanganyar sebagai informan, serta data sekunder diperoleh dari artikel dan berita di internet.

Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa model komunikasi humas yang diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar pada peringatan hari jadi Karanganyar ke-104 dapat membantu Pemerintah Kabupaten Karanganyar dalam membentuk citra positif di masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi. (2021). HUT Ke-104 Kabupaten Karanganyar, Usung Tema Maju dan Berdaya Saing.

https://radarsolo.jawapos.com/daerah/karanganyar/02/10/2021/hut-ke-104-kabupatenkaranganyar-usung-tema-maju-dan-berdaya-saing/ diakses pada hari Rabu tanggal 15 November 2021. Pukul 18.32 WIB

Broom, G. M., & Sha, B.-L. (2012). Cutlip&Center’s Effective Public Relations (11th ed.). Pearson Education Limited.

Butterick, K. (2012a). Pengantar Public Relations: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Butterick, K. (2012b). Pengantar Public Relations. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cutlip, S. (2006). Effective Public Relations. Jakarta: Pernada Media Group.

Grunig, J. E. (2013). Excellence in public relations and communication management. Excellence in Public Relations and Communication Management. https://doi.org/10.4324/9780203812303

Grunig, J. E. and H. T. (1984). Managing Public Relations.pdf (1st ed.). New York: CBS College Publishing.

Grunig, J.E., & Hunt, T. (1984). Managing Public Relations. new york: rinehart&Wiston inc.

Hardjana, A. (2013). Strategi Mendengarkan dalam Komunikasi Manajerial. Jurnal InterAct, 2(2), 1–17. Retrieved from http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fiabikom/article/view/743

Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. jakarta: kencana prenada media group.

Lattimore dkk. (2010). Public Relations: Profesi dan Praktik (Edisi 3). Jakarta: Salemba Humanika.

Nurkhasanah, Y. (2020). Model Asimetris Dua Arah Community Relations PT Asia Agri UtamaPeranap Kabupaten Indragiri Hulu dalam Pemberdayaan Masyarakat. Islam Negri Sulatan Syarif Kasim Riau. Retrieved from file:///C:/Users/Windows10-

Pro/Downloads/Documents/SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Ruslan, R. (2010). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi (Edisi

Revisi) (Ed.Rev). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sigit, Agus. (2021). Sunatan Massal Meriahkan HUT Karanganyar ke-104. diakses dari https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/solo/sunatan-massal-meriahkan-hut-karanganyarke-104/

Wijaya, L. S. (2019). The Practice of Marketing Public Relations In Multinational Companies in Indonesia. Petra International Journal of Business Studies,2 (2), 78–86. https://doi.org/10.9744/ijbs.2.2.78-86

Willacy, M. (2016). Two-Way Symmetric Communication Between Public Utilities and The Public.

Boise State University. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/80332187.p

Downloads

Published

2023-05-16

Citation Check