PERAN HUMAS DINAS PERHUBUNGAN KOTA SURAKARTA DALAM MEMANFAATKAN INSTAGRAM UNTUK MEMBANGUN CITRA

Authors

  • Dodit Setiawan Dodit Ilmu Komunikasi, Indonesia

Keywords:

Dinas Perhubungan, Surakarta, Humas, Citra, Instagram

Abstract

Dinas Perhubungan sebagai instansi pemerintah peduli terhadap kenyamanan pengguna jalan dengan memberikan informasi terkait transportasi kepada masyarakat melalui media Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran Humas Dinas Perhubungan Surakarta dalam memanfaatkan media sosial Instagram untuk membangun citra positif. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi yaitu screenshot postingan IG dan wawancara dengan staf Humas Dinas Perhubungan Surakarta. Responden dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Humas Dinas Perhubungan Surakarta memiliki peran, yaitu: (1) Communicator; (2) Relationship; (3) Back Up Management; dan (4) Corporate Image. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa peran Humas Dinas Perhubungan Surakarta dalam memanfaatkan media sosial Instagram dapat membangun citra positif di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Widjaja Tunggal. (2008). Dasar – Dasar Customer Relationship Management (CRM). Jakarta: Harvindo.

Ruslan, Rusady. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta: (2006).

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Suprapto, Tommy. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi dan Peran Manajemen dalam Komunikasi, Jakarta : PT. BukuSeru.

Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya,Bandung

Downloads

Published

2023-05-16

Citation Check