STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN BANJARNEGARA MELALUI INSTAGRAM DALAM MENARIK WISATAWAN

Authors

  • Zulul Mu'iz An Nafi' Universitas Teknologi Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, Dinas Pariwisata, Instagram, Bauran Komunikasi Pemasaran

Abstract

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara merupakan instansi pemerintah yang mempunyai wewenang dan tugas untuk meningkatkan produk pariwisata di wilayah Banjarnegara. Intinya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara menerapkan strategi komunikasi pemasaran melalui Instagram @budparbanjarnegara. Strategi komunikasi pemasaran yang digunakan adalah bauran komunikasi pemasaran menggunakan Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran melalui Instagram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi menggunakan teknik analisis data, data reduksi, analisis data, dan data verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan melalui Instagram menggunakan unsur komunikasi pemasaran berupa bauran komunikasi pemasaran. Bauran komunikasi pemasaran berupa periklanan, pemasaran langsung, promosi penjualan, penjualan pribadi, pemasaran interaktif, dan hubungan masyarakat. Tak hanya itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara membuat beberapa event, dan program wisata yang menonjolkan budaya dan tradisi Kabupaten Banjarnegara yang bertujuan untuk meningkatkan wisatawan. Strategi komunikasi pemasaran berupa bauran komunikasi pemasaran melalui Instagram menjadi kurang efektif karena kurangnya spesialis media sosial yang mengelola akun Instagram @budparbanjarnegara. pemasaran langsung, promosi penjualan, penjualan pribadi, pemasaran interaktif, dan hubungan masyarakat. Tak hanya itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara membuat beberapa event, dan program wisata yang menonjolkan budaya dan tradisi Kabupaten Banjarnegara yang bertujuan untuk meningkatkan wisatawan. Strategi komunikasi pemasaran berupa bauran komunikasi pemasaran melalui Instagram menjadi kurang efektif karena kurangnya spesialis media sosial yang mengelola akun Instagram @budparbanjarnegara. pemasaran langsung, promosi penjualan, penjualan pribadi, pemasaran interaktif, dan hubungan masyarakat. Tak hanya itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara membuat beberapa event, dan program wisata yang menonjolkan budaya dan tradisi Kabupaten Banjarnegara yang bertujuan untuk meningkatkan wisatawan. Strategi komunikasi pemasaran berupa bauran komunikasi pemasaran melalui Instagram menjadi kurang efektif karena kurangnya spesialis media sosial yang mengelola akun Instagram @budparbanjarnegara.

References

Hasyanita, A. N., Mayangsari, I. D. (2022). Analisa Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Alat Komunikasi Pemasaran Eboni Watch. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1096–1102. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3082

Kushwaha, B. P., Singh R., K., Varghese, N, & Singh, V. N. (2020). Integrating Social Media And Digital Media As New Elements Of Integrated Marketing Communication For Creating Brand Equity. Journal Of Content, Community & Communication Amity School Of Communication, 11. 10.31620/JCCC.06.20/05.

Blakeman, R. (2023). Komunikasi pemasaran terpadu: strategi kreatif dari ide hingga implementasi . Rowman & Littlefield.

Chaffey, D. F.-C. (2019). Digital Marketing. London: Pearson Education Limited.

Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar .

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: Cv Pustaka Setia.

Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan Jawa Timur: Cv. Penerbit Qiara Media.

Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. United States: Mcgraw-Hill Companies.

Helianthusonfri, J. (2020). Instagram Marketing Untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI.

Rahman, L. A., Panuju, R. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fair N Pink Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2). https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.26

Keke, Y. (2015). Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Brand Awareness. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, 2015. 2(1). http://dx.doi.org/10.54324/j.mbtl.v2i1.963

Kirana, C. A. (2019). Komunikasi Pemasaran Terpadu "Lemos Pires Batik" Dalam Menarik Minat Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1). 69–84. https://doi.org/10.15642/jik.2019.9.1.69-84

Kurniawan, M. Z. (2023). Peran Literasi Keuangan, Harga, Dan Promosi Penjualan Pada Perilaku Konsumtif Generasi Z. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 8(1). 151–162. https://doi.org/10.30737/ekonika.v8i1.3636

Rona, N. M., Sufa, S. A., & Ratnasari, E. (2022). Aktivitas Digital Public Relations Dalam Akun Instagram @Ortuseight. Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, 10(1). https://doi.org/10.25299/medium.2022.vol10(1).9149

Anindyanari, S., Widjanarko, W., & Widodo, B. (2021). Manajemen Konten Instagram Milik Pemerintah Dalam Promosi Potensi Pariwisata Daerah Di Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah : Studi Tentang Akun Instagram @Dinporabudpar_Banyumas. Acta Diurna, 17(1). doi:10.20884/1.actadiurna.2021.17.1.3867

Tjiptono. (1997). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi

Untari, D., Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2). https://doi.org/10.31294/widyacipta.v2i2.4387

Utama, I. G. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Sonatasia, D., Onsardi., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curub Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Manajemen Modal Insani dan Bisnis, 1(1).

Kamarudin. (2017). Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Gas Elpiji Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal LAA MAIYSIR, 4(1). https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v4i1.5089

Downloads

Published

2023-10-03

Citation Check