Strategi Penggunaan TikTok Polresta Sleman dalam Mempertahankan Citra Kepolisian Terhadap Masyarakat Sleman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Polresta Sleman dalam menggunakan media sosial TikTok dalam upaya mempertahankan citra kepolisian terhadap masyarakat. Aplikasi TikTok yang sedang diminati oleh masyarakat ini menjadi program baru Polresta Sleman dalam menyebarkan informasi. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan post positivisme yang kemudian dianalisis dengan analisis model PII. Analisis ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, tahap implementasi dan tahap dampak. Subjek pada penelitian ini akun Tiktok @Polresta Sleman. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pada tahap persiapan, Humas Polresta Sleman menentukan strategi dengan mengumpulkan informasi media sosial TikTok, merancang taktik serta kualitas program yang akan dilakukan. Kemudian tahap pelaksanaan menjelaskan tentang proses Humas Polresta Sleman menjalankan program tersebut dan mensosialisasikan program kepada masyarakat. Terahir tahap dampak, yaitu keberhasilan dalam program penggunaan media sosial TikTok untuk mempertahankan citra kepolisian pada Polresta Sleman. Dilihat dari konten yang telah diunggah terdapat respon umpan balik dari masyarakat dengan Humas Polresta Sleman pada kolom komentar dimana masyarakat mulai lebih terbuka terhadap pihak kepolisian.
Downloads
References
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri
Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148.
https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504
Apriananta, Y. J., & Wijaya, L. S. (2018). Penggunaan Website Dan Media Sosial Dalam
Membangun Citra Positif Perguruan Tinggi. Jurnal Komunikatif, 7(2), 187–209.
https://doi.org/10.33508/jk.v7i2.1750
Indonesia, C. (2022). 2 Polisi Terduga Penganiaya Pengunjung Holywings Yogyakarta Dimutasi.
CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220912111920-12-846546/2-polisiterduga-penganiaya-pengunjung-holywings-yogyakarta-dimutasi
Kamesywara, D., & Ningsih, S. (2021). Strategi Komunikasi Bagian Penerangan Tentara Nasional
Indonesia Angkatan Udara (Tni-Au) Adisoemarmo Solo Dalam Membangun Citra Positif
Melalui Program € Œouting Classâ€. JURNAL KOMUNITAS, 7(1).
Kusnandar, V. B. (2022). Akibat Kasus Ferdi Sambo, Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap
Kepolisian Menurun. Databoks.Katadata.Co.Id.
Muchsin, N., Kawengian, D. D. V, & jane Waleleng, G. (2022). Evaluasi Kinerja Humas di BKKBN
Sulawesi Utara (Studi Program 1000 HPK). Acta Diurna Komunikasi, 4(1).
Rizaty, M. A. (2023). Per April 2023, Pengguna TikTok Indonesia Terbanyak Kedua Dunia.
Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/internet/detail/per-april-2023-pengguna-TikTokindonesia-terbanyak-kedua-dunia
Sazali, H., & Sukriah, A. (2021). Pemanfaatan media sosial (instagram) oleh humas smau ct
foundation sebagai media informasi dan publikasi dalam meningkatkan citra lembaga
pendidikan. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 10(2), 147–160.
Scoot M. Cutlip, APR, P. F., Allen H. Center, APR, P. F., & Glen M. Broom, P. D. (2016). Effective
Public Relations (kesembilan). Kencana Prenada Media Group.
Soemirat, S., & Erdianto, E. (2021). Dasar-Dasar Public Relations (6th ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta.
Syahputra. (2019). Peran Humas Dalam Membangun Citra Pemerintahan Sumatera Utara Pada Kantor
Biro Humas Gubernur The Role of Public Relations in Building the Image of North Sumatra
Government at the Office of the Public Relations Bureau of the Governor. Jurnal Prespektiff,
(1), 24–29.
Zaputri, M. (2021). Dampak Kecanduan Media Sosial Tik Tok Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa
Bimbingan Dan Konseling Iain Batusangkar