STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS SOLO RADIO FM DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS MELALUI EVENT OFF AIR “HAPPY WEEKEND”

Authors

  • CLARA ADVIANA PUSPITAWATI Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

marketing,, strategi marketing, brand awarness

Abstract

Perkembangan media di tengah masyarakat saat ini semakin berkembang ditandai dengan munculnya media baru (new media) atau internet, yang eksistensinya mengalahkan media mainstream yaitu media cetak dan media elektronik. Media cetak seperti koran, majalah dan tabloid sejak dahulu sudah menjadi pilihan masyarakat. Demikian pula dengan media elektronik seperti televisi dan radio sampai dengan saat ini masih menjadi media yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat sebagai sumber informasi, sumber edukasi juga hiburan.


Untuk mendapatkan hasil yang objektif dan representatif dalam penelitian ini maka penulis menggunakan metode deskriptif analisis melalui pendekatan kualitatif. Dimana pendekatan deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai faktor-faktor, sifat serta hubungan antara fenomena yang diteliti.  Marketing Public Relations yang dilakukan oleh Solo Radio FM sebagai strategi untuk meningkatkan brand awareness melalui event Happy Weekend. Solo Radio FM dalam memproduksi event Happy Weekend menggunakan bauran mega marketing. Yaitu Produk (product) unggulan Solo Radio FM dibidang program off air adalah Happy Weekend. Harga (price) penjualan yang disesuaikan dengan budget produksi. Promosi (promotion) yang dilakukan melalui iklan di Solo Radio FM sendiri.Tempat (place) yang harus disesuaikan  dengan tema dan konsep event Happy Weekend, Power yang harus dimiliki perusahaan dalam menjalin hubungan dengan pihak tertentu Public Relations Solo Radio FM guna membangun  hubungan dengan publik untuk membantu dalam bentuk kerjasama. Strategi Marketing Public Relations Solo Radio FM dilakukan menjadi 4 aktivitas utama, yaitu Penelitian meliputi melakukan survey perusahaan- perusahaan yang dapat diajak kerjasama dalam event Happy Weekend. Perencanaan dan Pemprograman meliputi merencanakan konsep acara sesuai persetujuan dengan client dan merencanakan program acara sesuai dengan tema yang telah disepakati. Pelaksanaan program meliputi melakukan tindakan sesuai dengan yang telah direncanakan dan disepakati sebelumnya untuk menjalankan event off air Happy Weekend. Evaluasi meliputi pencarian faktor-faktor penyebab   keberhasilan dan kegagalan dari event Happy Weekend yang dijadikan sebagai bahan pelajaran  

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

CLARA ADVIANA PUSPITAWATI, Universitas Sahid Surakarta

Ilmu Komunikasi Fakultas Sosial, Humaniora Dan Seni Universitas  Sahid Surakarta

Downloads

Published

2021-01-05

Citation Check