STRATEGI KOMUNIKASI BAGIAN PENERANGAN TENTARA NASIONAL INDONESIA ANGKATAN UDARA (TNI-AU) ADISOEMARMO SOLO DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF MELALUI PROGRAM “OUTING CLASS”

Authors

  • DHIKA KAMESYWARA Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • SOFIA NINGSIH Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Strategi komunikasi, Public Relation, TNI AU

Abstract

Bagi sebagian masyarakat, masih banyak yang menganggap bahwa TNI-AU adalah tempat atau organisasi yang menyeramkan, hal ini dapat dimaklumi karena citra TNI-AU sebagai salah satu angkatan perang memanglah harus terlihat bersenjata, tegas, kuat, disiplin dan tertutup. Dalam hal ini, Bagian Penerangan TNI AU Adi Soemarmo Solo melaksanakan program untuk mendekatkan TNI kepada anakanak

sekolah yaitu Program “Outing Classâ€. Pembelajaran “Outing Class†adalah program yang bertujuan memberikan ketrampilan dan keahlian dasar diluar sekolah sebagai sarana menumbuhkan keseimbangan kegiatan belajar mengajar di sekolah dan tuntutan hidup di masyarakat.  Jenis Penelitian yang digunakan dalam hal ini adalah kualitatif deskriptif. Kantor Bagian Penerangan menggunakan Perencanaan atau Strategi Komunikasi yang sesuai dengan Perencanaan Strategi Komunikasi Lima Langkah oleh Hafied Cangara berupa Penelitian (Research) yang merupakan pendataan sekolah sekolah, kemudian Perencanaan (Plan) yaitu menargetkan segmen, Pelaksanaan (Execute) berupa sosialsisasi ke sekolah , Pengukuran (Measure) yaitu pendataan pengunjung atau peserta program outing class, dan yang terakhir adalah Laporan (Report) yaitu berupa data hasil kunjungan yang dilaporkan kepada Komandan TNI-AU Adi Soemarmo Solo.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-05

Citation Check