KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PEREMPUAN DENGAN PERAN GANDA

Authors

  • Ardea Sri Pramesti Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Felantika Klaudina
  • Faqih Purnomosidi

DOI:

https://doi.org/10.47942/jiki.v15i2.1089

Abstract

Kesejahteraan psikologis adalah kemampuan individu untuk menerima dirinya dilihat dari norma yang berlaku di masyarakat, sehingga memungkinkan individu untuk menetapkan tujuan hidup dan memiliki keinginan untuk berkembang lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan kesejahteraan psikologis pada ibu rumah tangga dengan peran ganda. Dalam hal ini, peran yang dimaksud adalah peran perempuan yang memiliki karir di luar rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dalam pengumpulan datanya. Informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang, yaitu 2 guru, 2 buruh pabrik dan 3 wiraswata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketujuh informan memperoleh kesejahteraan psikologis yang baik dalam menjalankan peran ganda mereka. Hal ini dapat diketahui dari aspek-aspek yang dimiliki para informan meliputi aspek penilaian positif terhadap diri sendiri, penguasaan lingkungan yang baik, memiliki tujuan dan makna hidup yang jelas, serta pribadi yang memiliki keinginan selalu berkembang.

References

Meriko, C. Hadiwirawan, O. (2019), Kesejahteraan Psikologis Perempuan Berperan Ganda. Jurnal Psikologi Unsyiah

Pedhu, Y. (2022), Kesejahteraan psikologis dalam hidup membiara. Jurnal Konseling dan Pendidikan

Samsidar. (2019), Peran Ganda Wanita dalam Rumah Tangga. Jurnal An-nisa', 12(2), 655-663.

Supartiningsih. (2003), Peran Ganda Perempuan; Sebuah Analisis Filosofis Kritis. Jurnal Filsafat, 33(1), 42-54.

Rahmayati, T, E. (2020), Konflik Peran Ganda pada Wanita Karier. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan, 3(1), 152-165.

Yosita, T, L. Wismanto, Y, B. Yudiati, E, A. (2022), Kesejahteraan Psikologis pada Ibu yang Berperan Ganda Ditinjau dari Dukungan Suami dan Tekanan Psikologis. Gadjah Mada Journal of Psychology, 8(1), 71-78.

Downloads

Published

2022-10-31 — Updated on 2022-10-31

Versions

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.