IMPLEMENTASI MANAJEMEN EVENT PADA DIVISI PUBLIC RELATIONS THE SUNAN HOTEL SOLO

Main Article Content

RENNY AMELLIA

Abstract

Surakarta yang juga disebut Kota Solo merupakan salah satu kota wisata di Jawa Tengah. Para pengunjung domestik dan mancanegara mulai tertarik ke Solo dan  erpengaruh terhadap perkembangan banyaknya hotel di Solo. Usaha perhotelan perlu merancang strategi yang diterapkan untuk mencapai target pasar tersebut yang dilakukan oleh Public Relations. Salah satu strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Public Relations untuk meningkatkan penjualan jasa yaitu melalui event. Oleh sebab itu, The Sunan Hotel Solo merancang strategi komunikasi pemasaran melalui event untuk mencapai target pasar tersebut.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di The Sunan Hotel Solo. Sumber data adalah orang-orang yang terkait dengan penelitian ini, yaitu: Public Relations hotel The Sunan Hotel Solo, Marketing The Sunan Hotel Solo, dan masyarakat pengguna The Sunan Hotel Solo. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini akan menggunakan beberapa metode
yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menguji kebenaran data, digunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan interpretatf. 
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu : 1) Implementasi strategi komunikasi manajemen event pada divisi Public Relations The Sunan Hotel Solo dianalisis berdasarkan Event Concept Developmment Process, yaitu membuat ide acara, menentukan tujuan, proses penyaringan, percobaan, penyempurnaan konsep, pelaksanaan dan pengawasan, dan mengevaluasi. 2) Kendala kurang komunikasi antara The Sunan Hotel Solo dengan pemerintah dalam menyelenggarakan setiap event. Dalam hal ini The Sunan Hotel Solo kurang berinisiatif untuk bekerja sama dengan pemerintah. Solusi yang dilakukan yaitu The Sunan Hotel Solo berinisiatif untuk melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan pemerintah daerah, sehingga pelaksanaan event semakin baik dan berjalan lancar.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

RENNY AMELLIA, Universitas Sahid Surakarta

Ilmu Komunikasi Fakultas Sosial, Humaniora Dan Seni Universitas Sahid Surakarta