HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI INTALASI GAWAT DARURAT DI RUMAH SAKIT TK III 04.06.04 SLAMET RIYADI SURAKARTA
Keywords:
Quality of nursing services, patient family satisfaction in the Emergency Room, patient satisfactionAbstract
Latar belakang : Intalasi Gawat Darurat merupakan salah satu pintu utama jalan masuknya pasien, untuk kemudian dilakukan triage dan diberi tindakan pertama. Kualitas pelayanan merupakan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang memuaskan pelanggan diberikan sesuai dengan standar dan etika profesi. Kepuasan pelanggan merupakan aspek yang dipengaruhi oleh kualitas pelayanan saranan kesehatan yang dinilai dalam pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien digunakan untuk mengevaluasi mutu palayanan di rumah sakit. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan kepuasan dengan kualitas pelayanan pada keluarga pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit TK III 04.06.04 Slamet Riyadi Surakarta. Metode: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kolerasi dengan menggunkan desain cross sectional study Pengambilan sampel dilakukan di IGD RS TK III Slamet Riyadi Surakarta dengan jumlah responden 50 responden dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan Uji kendall tau alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan kuesioner. Hasil: Sebagian besar kualitas pelayanan keperawatan dalam kategori sangat baik memperoleh 30 responden (60%), kepuasan keluarga pasien di dalam kategori sangat puas memperoleh 40 responden (80%). Hasil anlisis bivariat diperoleh nilai P value 0,001<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan terhadap kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan keluarga pasien di IGD RS TK III 04.06.04 Slamet Riyadi Surakarta. Simpulan: Terdapat hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan keluarga pasien di ruang IGD RS TK III 04.06.04 Slamet Riyadi Surakarta.
Downloads
References
Ali. (2014).Metode dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Ani, S., 2016. Pengaruh Fkator Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Kabupaten Sumedang VII,5-11..
Arifin S, Rahman A, Muhyi R, Octaviana A, dan Hadianor, (2019). Hubungan Usia, Tingkat pendidikan, Fasilitas Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Muara Laung. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 6(1),pp.40-57.
Alrubaiee, L. (2011). The Mediating Effect of Patient Satisfaction In The Patients Perception of Healthcare Quality Patient Trush Relationship. International Journal of Marketing Studies. Vol.3, No 1 (Februari 2011), pp. 103-127
Bashkin et al,. (2015). Organizational Factor Affecting Length Of Stay In The Emergency Department: Initial Observational Study Israel Journal Of Health Policy Research, 4, 38.
Dahliana, Widaryanti,. (2015) Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Vol. 6, No. Hal 51-53
Fathoni, M. et al., 2013. Relationships Between Triage Knowledge, Training, Working Experiences, and Triage Skills Among Emergency Nurses in East Java, Indonesia. , hh.511-525
Fanny, M (2022) Hubungan Kualitas Pelayanan Keshatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat inap Di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. Hal 60-64
Gobel Y, Wahid, Mutaqqim, 2018. Kualitas pelayanan kesehatan intalasi gawat darurat rumah sakit umun daerah makasar. Vol. 24 No.3. Hal. 178-179
Hadiansyah, T., Pragholapati, A., & Aprianto, D. P. (2019). Gambaran Stress Kerja Perawat yang Bekerja diUnit Gawat Darurat. Jurnal Keperawatan BSI, 7(2), 50-58.
Hamarno. (2016). Keperawatan Kegawatdaruratan dan Manajemen Bencana. Modul Bahan Ajar Kebidanan. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia : Jakarta
Handayani, S., (2016).Tingkat Kepuasan Pasien TerhadapPelayanan di Puskesmas Baturetno. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 14(1), pp, 42-48.
Hungu. (2016). Demografi Kesehatan Indonesia. Jakarta : Grasindo
Hutabarat, R. Y., & Putra, C. S. (2016). Asuhan Keperawatan Kegawatdaruratan. Bogor: In Media
Irsanty. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien.
Junita B, Raymond, 2018. Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat InapDI Rsud Pandan Kabupaten Tapanuli Tenganh Vol. 6, No. 1.Hal 51-52
Kemenkes RI. (2012). Pedoman Teknis Bangunan Rumah Sakit Ruang Gawat Darurat. Jakarta: 1-8.
Kemenkes RI. (2014). Data Kunjungan IGD Seluruh Indonesia. Jakarta
Kesmas, J., No, V., Anatara, H., Jasa, M., & Keshatan, P. (2018). Kualitas merupakan sekumpulan dari yang telah dipeoleh semasa dalam menerima pelayanan sesuai dengan apa yang telah menjadi harapanya jika pasien merasa tidak puas maka pasien tersebut akan melakukan pengajuan komplain
Kotler. (2016). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Puskesmas. Diakses pada 23 mey, 2024, dari https://repository.unmuha.ac.id
Kuntoro, W; W. Istiono. (2017). Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional, 140-147.
Mardalena, I. (2016). Asuhan Keperawatan Gawat Darurat . Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Mbaloto, F. R. (2020). Kepuasan Keluarga Pasien Tentang Respons Time di Ruangan Instalasi Gawat Darurat. Pustaka Katulistiwa, 1 (01), 1-5.
Menteri Kesehatan RI. (2018). Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 47 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Kegawatdaruratan.
Muninjaya. (2011). Keperawatan Gawat Darurat. Edisi 3, Jakarta: EGC.
Muninjaya. (2013). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC
Notoatmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nursalam. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien. Diakses pada 23 mey , 2024, dari https://eprints.ums.ac.id
Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis . (P.P. Lestari, Ed.) (4 th ed.). Jakarta: Salemba Medika.
Ngadimin, (2022). Hubungan Respon Time Triage Perawat Dengan Kepuasan Keluarga Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta
Ogliastri, E., & Zuniga, R. (2016). An Introduction to Mindfulness and Sensemaking By Highly Reliable Organization in Latin America. Journal Of Business Research, 69(10), 4429-4434
Perceka, A. L. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien di Ruangan IGD RSUD Dr. Slamet Garut. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 6 (2), 270-277.
Permenkes RI. (2018). Peraturan Pemerintah Kesehatan Republik Indonesia No. 47 Tahun 2018. Pelayanan Kegawatdaruratan
Riskesdas. (2013). Pelayanan Gawat Darurat di Rumah Sakit Terdapat di IGD Yang Merupakan Pintu Pertama Bagi Pasien Dalam Memperoleh Tindakan .
RS TK III 04.06.04 Surakarta (2022). Laporan IGD Bulan Mei-April 2022.
Sastroasmoro. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta: Sagung Seto.
Setiadi. (2013). Konsep dan Praktek Penulisan Riset Keperawatan (Ed.2). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nurdiansyah. S. (2019). Karya Tulis Ilmiah "Hubungan Respons Time Perawat Dengan Pelayanan Gawat Darurat di IGD Rumah Sakit Semarang"
Sofar Silaen. (2018). Metodelogi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: IN MEDIA.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV
Sugiono. (2014). Skala Likert Metode Perhitungan, Presentase dan Interval. Bandung: Alfabeta.
Varndell et, al. (2019). Triage in Australian Emergency Department : Result Of A New South Wales Survey. Journal Homepage
V. Wiratna Sujarweni. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Wike. (2015). Hubungan Antara Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Intalasi Gawat Darurat (IGD)
Yulfita, Aini & Andari. (2016). Indikator Kepuasan Pasien. Diakses pada 24 mei , 2024, dari https://repository.unmuha.ac.id