HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD DR. SOEDIRAN MANGUN SUMARSO

Authors

  • Heni Nur Hayati usahid, Indonesia
  • Anik Suwarni
  • Atik Aryani

DOI:

https://doi.org/10.47942/jiki.v16i2.1309

Abstract

Pelayanan keperawatan gawat darurat meliputi pelayanan keperawatan yang ditujukan kepada pasien gawat darurat yaitu pasien dalam keadaan gawat dan mengancam nyawa. Perawat yang bertugas di IGD dalam memberikan pelayanan kesehatan harus dapat melakukan komunikasi terapeutik dengan baik agar keluarga pasien dapat merasa puas dengan pelayanan kesehatan yang diterima pasien. Perawat dalam melakukan komunikasi terapeutik diperlukan rasa empati sehingga meningkatkan kepuasan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan keluarga pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian deskriptif korelasional dan menggunakan desain cross-sectional.  Sampel sebanyak 92 keluarga pasien yang mengantar pasien di IGD RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner komunikasi terapeutik dan kepuasan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian ini Sebanyak 47 responden (51,1%) menyatakan perawat sudah melakukan komunikasi terapeutik dengan baik sementara 45 responden (48,9%) menyatakan kurang baik. Sebanyak 53 responden (57,6%) merasa puas dalam pelayanan IGD dan 39 responden (42,4%) merasa tidak puas. Hasil uji Rank Spearman diperoleh nilai rho = 0,603 dan p value = 0,001. Kesimpulannya ada hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan keluarga pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurakhman, N, R. (2020). Perilaku dan Komunikasi Kesehatan. Cirebon : Syntax Computana

Afnuhazi, R. (2015). Komunikasi Terapeutik Dalam Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Anjaswari, T. (2016). Komunikasi Dalam Keperawatan. Jakarta Selatan: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Apriani. (2017). Hubungan Kegawatdaruratan dengan Waktu Tanggap pada Pasien Jantung Koroner. Jurnal Kesehatan, Volume VIII, Nomor 3, November 2017, hlm 471-477

Aprillia M, Afiani N dan Frengki A. (2021). Hubungan Respon Time Perawat Terhadap Kepuasaan Keluarga Pasien Di Instalasi Gawat Darurat. Media Husada Journal of Nursing Science. Vol 2 (No 1), 1-6

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Kesehatan RI. (2013). Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia Revisi II. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik.

Depkes RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu

Dewanti R. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Lama Perawatan Pasien Di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RSUD Wates. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kesehatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Fakhriani. (2016). Mutu Pelayanan Rawat Inap RS PKU Muhammadiyah Gombong. Naskah publikasi, STikes Aisiyah Gemolong.

Fusfitasari, Y & Amita, D. (2020). Komunikasi Teraputik Therapeutik Communication Pada Anak. Banyumas : PM Publisher

Hidayat, S. S. (2015). Panduan Penulisan Skripsi Sarjana, Edisi Revisi – Juli 2015. Bandung : Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha

Hosnaniah, J. (2014). Pelaksanaan Triage Di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Reksa Waluya Kota Mojokerto. Skripsi. Universitas Gadjah Mada

Ilham, M. (2022). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien BPJS di Instalasi Rawat Inap Selama Masa Pandemi COVID-19 di Rumah Sakit Umum Wulan Windy. Journal Of Pharmaceutical and Sciences (JPS) Volume 5 | No. 2 | hal: 205-2013

Jakarta Medical Service 119 (2013) Jakarta Medical Service 119 training Division. Jakarta

Kalsun, U (2016). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Perawatan Teratai Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Tahun 2016. Skripsi, Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Karaca, A. (2018). Patient Satisfaction with the Quality of Nursing Care. Research Article. Wiley Nursing Open. Florence Nightingale Hospital School of Nursing, Istanbul Bilim University, Istanbul, Turkey. DOI: 10.1002/n

Karani, M dan Linggardin, K. (2020). Hubungan Pelayanan, Waktu Tunggu, dan Fasilitas dengan Kepuasan Pasien di Balai Pengobatan Puskesmas Kembaran. Jurnal Kesehatan Vol 13 No 1 Juni 2020 E-ISSN (2622-7363) P-ISSN (2086-2555). hal: 45-52

Kemenkes RI (2015) Kamus Indikator. Direktorat Jendral Upaya kesehatan kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes (2016) Mutu pelayanan IGD, Direktorat. Jenderal Pelayanan Medik, Jakarta. Indonesia

Kotler, A. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition , England : Pearson Education, Inc.

Krisanty. (2014). Asuhan Keperawatan Gawat Darurat. Jakarta: Trans Info Media.

Larira, D, Tahiruddin , dan Hasna (2020) Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Keluarga Pasien Di Rumah Sakit Umum Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara. Indonesian Journal of Nursing Health Science. ISSN (Print) : 2502-6127 Vol.5, No.2, September 2020 ,p.158-167 ISSN (Online) : 2657-2257 158

Mardalena, I. (2016). Asuhan Keperawatan Gawat Darurat. Yogyakarta: Pustaka Baru Pres.

Muhith, Abdul.,& Siyoto, A. (2018). Aplikasi Komunikasi Terapeutik Nursing & Healtly. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Muninjaya. (2014). Manajemen Buku Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku. Kedokteran EGC

Musliha. (2013). Petugas kesehatanan Gawat Darurat. Nuha Medika, Yogyakarta.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugraha, Y. dan Wianti, A. (2017). Konsep Dasar Keperawatan. Cirebon : LovRinz Publishing.

Nurjannah, I. (2015). Komunikasi Terapeutik Dasar-dasar Komunikasi Bagi Perawat. Yogyakarta : Mocomedia.

Nursalam. (2015). Manajemen Keperawatan, Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Oman. K. S., Koziol-Mclain. J., & Scheetz. L. J. (2012). Kepetugas Kesehatanan Emergensi. EGC : Jakarta.

Parasuraman, A., Zeithml., V.A. dan Berry, L. (2012). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expections. The Free Press: New York NY

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 147 tahun 2010.

Perry A & Potter, A. (2013). Buku Saku Ketrampilan Dan Prosedur Dasar. Alih Bahasa

Pieter, Z. H. (2017). Dasar Dasar Komunikasi Bagi Perawat. Jakarta: Kencana.

Pohan, I., S. (2016). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar – Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta : EGC.

Potter, P.A., Perry, A.G., Stockert, P.A., Hall, A.M. (2013). Fundamentals of nursing. 8th ed.St. Louis, Missouri: Elsevier Mosby.

PUSBANKES 118, (2012). Komunikasi di Ruang Instalasi Gawat Darurat. Jakarta : EGC

Pusponegoro, A. (2012). Basic trauma life support & basic cardiac life support / Yayasan Ambulans Gawat Darurat 118, Jakarta : Yayasan Ambulans Gawat Darurat 118.

Putri, I Dewa Ayu dan Suwadnyana, I Wadnyana. (2020). Komunikasi Terapeutik. Bali: Nilacakra

Rakhmat, J. (2013). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Rohana, N., Mariyati, Fatmah. (2019). Hubungan Caring Perawat Dengan Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien di Ruang Intensive Care Unit (ICU) RSUD dr. H Soewondo Kendal. Seminar Nasional Widya Husada. “Strategi dan Peran SDM Kesehatan dalam Meningkatkan Derajat Kesehatan di Era Revolusi Industri 4.0.

Safaat, H, and Tulak, G. (2021). Komunikasi Dalam Keperawatan. Jakarta: Tahta Media Group.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis. Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sastroasmoro, S (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta: Sagung Seto.

Silalahi, B. (2013). Prinsip Manajemen rumah sakit. Jakarta. Lembaga Pengembangan Manajemen Indonesia.

Stuart, G. W., dan Sundeen. (2016). Principle and Practice of Psychiatric Nursing, (1st edition). Singapore : Elsevier.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suhartati. (2013). Standar Pelayanan Kepetugas kesehatanan Gawat Darurat di Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Sunyoto, D. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Center of Academic. Publishing Service (APS).

Swansburg, R.C. (2013). Introductury management and leadership for clinical nurses S. Samba & Staf pengajar Akper Depkes Bandung, Trans. Boston. Jones and Barlett Publishers.

Taylor, L, M. (2015). Fundamentals of Nursing-the art and Science of nursing care. J.B. Lippincoott Company, Philadelphia.

Tjiptono, F. (2015). Manajemen jasa edisi ke 2 Yogyakarta. Penerbit Andi.

Tridiyawati, Idealistiana dan Rofita. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien. Jurnal Antara Kebidanan. Vol. 3 No. 2 (2020): ISSN : 2656-9167.hal: 109-113.

Triyono, A. (2019). Hubungan Response Time Dengan Kepuasan Keluarga Pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Kusuma Husada Surakarta.

Undang-Undang No. 44. (2009). www.kemendagri.go.id/media/ document/2009/UU-No.44-2009.doc.

Undang-Undang No. 36. (2009). Tentang Kesehatan https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38778/uu-no-36-tahun-2009

Wijono, D. (2017). Manajemen Kepemimpinan dan Organisasi Kesehatan. Cetakan pertama. Surabaya. Airlangga University Press.

Zhenzhen, Xie. (2017). Associations Between Waiting Times, Service Times, and Patient Satisfaction in an Endocrinology Outpatient Department: A Time Study and Questionnaire Survey The Journal of Health Care Organization, Provision, and Financing.

Downloads

Published

2023-10-31

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>