HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU IBU TERHADAP STATUS GIZI BALITA DI POSYANDU WARGA WARAS DUKUH BUDU KABUPATEN SRAGEN

Main Article Content

Irnawati .
Ahmad Syamsul Bahri

Abstract

Latar belakang : Di Indonesia, salah satu masalah kesehatan masyarakat yang sedang kita hadapi saat ini adalah beban ganda masalah gizi. Pada tahun 1990, prevalensi gizi kurang dan gizi buruk sebanyak 31%, sedangkan pada tahun 2010 terjadi penurunan menjadi 17,9%. Prevalensi gizi lebih pada balita sebesar 14,0%, meningkat dari keadaan tahun 2007 yaitu sebesar 12,2% (Depkes, 2013). Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah penyuluhan gizi seimbang dengan harapan masyarakat, kelompok atau individu dapat memperoleh pengetahuan kesehatan yang lebih baik. Akhirnya pengetahuan tersebut diharapkan dapat mempengaruhi terhadap perilakunya (Notoatmodjo, 2007).
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan perilaku ibu terhadap status gizi balita di posyandu warga waras dukuh Budu kabupaten Sragen.Metode
Penelitian : Jenis penelitian adalah diskriptif analitik, lokasi penelitian dilaksanakan di posyandu warga waras dukuh budu, kelurahan Pengkol, kecamatan Tanon, kabupaten Sragen pada tanggal 25 Nopember 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang mempunyai anak balita di posyandu warga waras dukuh Budu kabupaten Sragen yang berjumlah 49 ibu. Sampel yang digunakan adalah keseluruhan dari populasi, pengambilan sampel dengan tehnik total sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, sedangkan untuk analisa data menggunakan analisa regresi linier berganda.
Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan ibu terhadap status gizi balita di posyandu warga waras dukuh Budu kabupaten Sragen dalam kategori tinggi (65,31%), perilaku ibu terhadap gizi balita dalam kategori tinggi (77,55%), dan status gizi balita termasuk dalam kategori normal (89,80%).
Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu dengan status gizi balita di posyandu warga waras dukuh Budu kabupaten Sragen (p=0,000). Ada hubungan
yang signifikan antara perilaku ibu dengan status gizi balita di posyandu warga waras dukuh Budu kabupaten Sragen (p=0,000).

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.