PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG PENCEGAHAN CEDERA PADA ANAK USIA TODDLER DI POSYANDU MELATI I KELURAHAN KARANGASEM KOTA SURAKARTA
Abstract
Cedera sering dijumpai pada anak-anak, biasanya berawal dari rasa keingintahuan anak untuk menelusuri sesuatu dan bereksperimen yang tidak seimbang dengan kemampuan dalam memahami sesuatu atau bereaksi terhadap bahaya. Melihat karakteristik perkembangannya, anak usia toddler lebih beresiko mengalami cedera. Salah satu untuk mencegah terjadinya cedera pada anak adalah memberikan pendidikan kesehatan tentang pencegahan cedera sehingga dapat meningkatkan pengetahuan pada orang tua. Tujuan Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan orang tua tentang pencegahan cedera pada anak usia toddler di Posyandu Balita Melati I Kelurahan Karangasem Kota Surakarta. Metode Penelitian ini menggunakan quasy eksperiment design dengan rancangan one group pretest posttet design. Sampel penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia toddler sebanyak 27 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara total sampling. Analisa data dilakukan dengan uji normalitas data menggunakan shapiro-wilk yang dilanjutkan analisis dengan menggunakan uji statistik parametric dengan paired sample t-test. Hasil rata-rata pengetahuan orang tua sebelum dilakukan pendidikan kesehatan yaitu 12,81 dan rata-rata pengetahuan orang tua sesudah diberikan pendidikan kesehatan yaitu 15,55. Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan tentang pencegahan cedera pada anak toddler (p value= 0,000<0,05). Kesimpulan Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan orang tua tentang pencegahan cedera pada anak usia toddler di Posyandu Balita Melati I Kelurahan Karangasem Kota Surakarta.
Downloads
References
A, Aziz, Hidayat. (2017). Metode penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis
Data. Jakarta: Salemba Medika
Arikunto S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Azwar, S. (2009). Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Budiman, & Rianto, A. (2013). Kapita selekta kuesioner: pengetahuan dan sikap dalam penelitian kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.
Cahyaningsih, Dwi Sulistyo., (2011). Pertumbuhan Perkembangan Anak & Remaja. Jakarta: Trans Info Media.
Fauzi, I. B., & Priyonoadi, B. (2018). Klasifikasi dan Pemahaman Penanganan Cedera pada saat Latihan Menari. MEDIKORA: Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 17(1).
Fitriana, H., & Siswantara, P. (2018). Pendidikan kesehatan reproduksi remaja di SMPN 52 Surabaya. The Indonesian Journal of Public Health, 13(1), 107-118.
Gusrianti, E., Yuliyana, R., Astuti, I. D., Sandra, Z. D., & Noviarti, D. (2022). Pengetahuan Pertolongan Pertama Pada Anak Toddler Yang Jatuh Di Wilayah Kerja Puskesmas Berakit 2021.
Jurnal Ilmiah JKA (Jurnal Kesehatan Aeromedika), 8(2), 13-20.
Hastuti, D. (2013). Hubungan pengetahuan tentang antisipasi cedera pada anak usia toddler di RW 01 kelurahan manggahang wilayah Puskesmas Jelekong Kabupaten Bandung. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 3(1). https://doi.org/10.33755/jkk.v3i1.85
Hockenberry, M. ., Wilson, D., & Rodgers, C. . (2017). Wong’s essentials of pediatric nursing, 10th Edition. Canada: Elsevier.
Induniasih. (2018). Promosi Kesehatan: Pendidikan kesehatan dalam Keperarwatan. Yogyakarta :Pustaka Baru Press.
Janita, W. (2018). Hubungan tingkat pengetahuan orang tua tentang pencegahan home injury dengan tingkat kejadian home injury pada toddler (usia 1-3 tahun) di PAUD Dewi Sartika Kota Malang. Master Tesis, Universitas Brawijaya, Malang.
Jones, S., Tyson, S., Yorke, J., & Davis, N. (2021). The impact of injury: The experiences of children and families after a child’s traumatic injury. Clinical Rehabilitation, 35(4), 614–625. https://doi.org/10.1177/0269215520975127
Loeziana Uce (2015) “The Golden Age,” hal. 77–92.
Nining, Y., & Arnis, A. (2016). Modul bahan ajar cetak keperawatan anak. Jakarta: Kemeskes RI.
Notoatmodjo, (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S., (2014), Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT Rineka Cipta
Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (4th ed). Jakarta : Salemba Medika.
Nursalam, (2018). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Pedoman Skripsi, Tesis Dan Instrument Penelitian Keperawatan. Edisi 2. Jakarta: Penerbit Salemba Medika.
Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis. Edisi 4. Jakarta : Salemba Medika
Pakpahan, M., Dkk. (2021). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Yayasan Kita Menulis. Medan
Peters, S. M., Davies, M. A., & van As, A. B. (2020). Repeat injuries in childhood. South African Medical Journal, 110(12). https://doi.org/10.7196/SAMJ.2020.v110i12.14546
Perry, A. G., & Potter, P. A. (2010). Mosby's Pocket Guide to Nursing Skills and Procedures-E-Book. Elsevier Health Sciences.
Rahmi, P., & Hijriati. (2021). Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 7(1)
Riskesdas. (2018). Hasil utama riskesdas (2018). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI
Rizky. (2015). Teori dan Konsep Tumbuh Kembang Bayi, Toddler, Anak dan Usia Remaja. Yogyakarta: Nuha Media
Rusdiana. (2021). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Tentang Pencegahan Cedera dengan Kejadian Cedera pada Anak Toddler 1-3 Tahun di Wilayah Puskesmas Tambaruntung. 9(1), 6–11.
Saragih, F. (2010). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Tentang Makanan Sehat Dan Gizi Seimbang Di Desa Merak Raya Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun Tahun 2010. Skripsi. FKM USU. Medan
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supartini. Buku ajar konsep dasar keperawatan anak. Jakarta. EGC
Suprapti, E., Dayaningsih, D., Azzahra, A. P., Sukma, M., & Andina, A. (2022). PENYULUHAN TENTANG JENIS KECELAKAAN PADA ANAK DAN CARA PENCEGAHANNYA. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT SISTHANA, 4(1), 14-18.
Widyawati. (2020). Buku Ajar Pendidikan Dan Promosi Kesehatan Untuk Mahasiswa Keperawatan. STIK Binalita Sudama Medan.
Yulastini, F., Fajriani, E., & Rukmana, B. F. (2021). Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja di Pondok Pesantren Nurul Haramain Narmada. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 47-51.