PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG BULLYING PADA ANAK KELAS V DI SDN 3 KARANGASEM
Keywords:
Bullying, Pendidikan Kesehatan, PengetahuanAbstract
Latar Belakang: Fenomena tindak kekerasan pada anak sekolah saat ini merupakan hal yang sering dihadapi. Salah satu bentuk tindakan kekerasan yang dapat menimbulkan dampak serius bagi anak sekolah adalah penindasan atau bullying. Bullying adalah perilaku negatif yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang dapat merugikan orang lain. Pencegahan bullying dapat dilakukan dengan meningkatkan pengetahuan. Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan adalah dengan cara memberikan pendidikan kesehatan melalui audiovisual.
Tujuan: Melihat Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Audiovisual Terhadap Pengetahuan Tentang Bullying Pada Anak Kelas V SDN 3 Karangasem.
Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah prexksperimental dengan rancangan one group pre and post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid kelas lima SDN 3 Karangasem. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, sehingga diperoleh sampel sejumlah 30 orang. Analisa data dalam penlitian ini mengunakan uji paired sample ttes.
Hasil Penelitian: Rata-rata pengetahuan sebelum diberikan pendidikan kesehatan adalah 13,90 kemudian meningkat menjadi 22,10 setelah diberikan pendidikan kesehatan. Berdasarkan uji t (paired test) didapatkan nilai t sebesar 7,497 dengan pvalue sebesar 0,001.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan tentang Bullying di SDN 3 Karangasem.